Rekor Sempurna Kontra Bagas/Fikri Terjaga, Ganda Putra Nomor 1 Malaysia Lega Lepas Label Spesialis Runner-up

By Nestri Y - Senin, 23 Oktober 2023 | 15:08 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, berpose setelah menjadi runner-up Denmark Open 2023 seusai dikalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) di Jsyke Bank Arena, Odense, Denmark, Minggu (22/10/2023). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Kemenangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada Denmark Open 2023 berhasil melepaskan label pasangan runner-up yang tersemat selama 6 tahun.

Gelar juara Denmark Open 2023 menjadi titel pertama di ranah turnamen bulu tangkis terbuka yang berhasil direngkuh oleh Chia/Soh.

Pasangan peringkat 4 dunia itu mengalami nasib yang cukup miris bila mengingat kiprah mereka sejak dipasangkan kembali pada 2017 silam.

Walau tahun lalu mencetak sejarah dengan menjadi Juara Dunia yang pertama dari Malaysia, Chia/Soh masih sering dikritik karena rekor buruk di turnamen terbuka.

Dari kelas turnamen rendah seperti International Challenge/Series hingga kelas tertinggi yaitu World Tour, tak ada satu pun gelar yang diraih Chia/Soh sampai pekan lalu

Mereka sering apes di babak-babak akhir sehingga lekat dengan label "spesialis runner-up". Total ada 9 final turnamen terbuka yang mereka alami dengan hasil kekalahan.

Bahkan pada tahun ini, sebelum sampai di final Denmark Open 2023, pasangan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut juga sudah gagal tiga kali.

Mereka "cuma" menjadi runner-up pada India Open Super 750, Indonesia Open Super 1000, dan China Open Super 1000.

Tak ayal, kemenangan pada Denmark Open yang levelnya Super 750, setara Superseries Premier pada masa lalu, bermakna besar bagi Chia/Soh.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung French Open 2023 - Pebulu Tangkis Indonesia Masih Sabar Mengejar Prestasi