Jawaban Casey Stoner jika Marc Marquez Bisa Rebut Gelar Juara Dunia dengan Motor Satelit seperti Valentino Rossi

By Delia Mustikasari - Rabu, 25 Oktober 2023 | 10:25 WIB
Mantan pembalap MotoGP, Casey Stoner, di sela konferensi pers menjelang MotoGP Algarve 2021, Portugal (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Legenda MotoGP asal Australia, Casey Stoner, menjawab jika Marc Marquez bisa merebut gelar juara dunia MotoGP dengan motor satelit.

Pembalap terakhir yang meraih gelar kelas premier dengan motor satelit adalah Valentino Rossi pada 2001.

Meski begitu, pencapaian Rossi sebagian besar diraih oleh Honda spek pabrikan dengan warna berbeda dari motor resmi pabrikan.

Marc Marquez bisa menjadi pembalap pertama sejak Rossi yang menjadi juara dengan motor non-pabrik saat ia membalap untuk Gresini Ducati musim depan.

Marquez akan mengendarai Desmosedici yang berusia satu tahun lebih lama dari tim pabrikan.

"Saya rasa tidak semudah itu. Bersama Ducati dia mungkin akan memiliki motor sedikit lebih baik daripada yang dia kendarai, tetapi dia mengenal Honda dengan sangat baik," kata Stoner dilansir dari Crash.

"Sekarang dia akan ke Ducati, kita akan melihat apakah dia mampu beradaptasi dengan hal ini karena kami melihat banyak pembalap Ducati yang masih mampu kehilangan posisi terdepan."

"Anda tahu, Ducati bukanlah motor anti peluru di area ini. Jadi kita harus menunggu dan melihat bagaimana performa Marc," ucap pemegang dua gelar juara dunia MotoGP itu.

"Anda tidak hanya mengendarai motor lalu pergi dan memenangkan kejuaraan, tetapi saya tetap berpikir Marc mungkin adalah pembalap terbaik di grid."

"Kami harus mendapat kembali kepercayaan diri Marc dan semoga cedera dan segala hal lainnya akan berlalu dan dia bisa fokus dan memberi kami momen-momen hebat."