Liga Voli Korea - Ketajaman Megawati Hangestri Turut Patahkan Anggapan Miring soal Pemain Asia

By Wahid Fahrur Annas - Rabu, 25 Oktober 2023 | 16:45 WIB
Pebola voli putri Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi, melepaskan spike dalam lanjutan liga voli Korea antara Daejeon Red Sparks dan GS Caltex Seoul KIXX (KOVO.CO.KR)

BOLASPORT.COM - Kehadiran pemain asing dari kawasan Asia ternyata sempat menuai keraguan dari tim-tim bola voli Korea Selatan.

Slot khusus untuk pemain Asia di Liga Korea Selatan baru diterapkan oleh Federasi Bola Voli Korea Selatan (KOVO) pada musim 2023-2024.

Setelah diputuskan pada akhir tahun lalu, draft untuk pemain asing untuk KOVO V-League musim ini dipisah antara pemain dari Asia dan non-Asia.

Akan tetapi, perbedaan terjadi dalam proses seleksi antara pemain putra dan putri.

Pebola voli putra dari kawasan Asia menjalani seleksi secara langsung untuk melakoni serangkaian tes mulai dari, teknik, fisik, hingga komunikasi.

Dua pemain putra Indonesia yang menyanggupi panggilan seleksi tersebut adalah Dimas Saputra dan Rendy Tamamilang.

Sementara pebola voli putri sedikit mendapatkan keuntungan karena hanya mengikuti seleksi melalui video yang dikirimkan.

Ada tiga pemain putri asal Indonesia yang mengikuti seleksi yakni Megawati Hangestri Pertiwi, Mediol Stiovanny Yoku, dan Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi.

Dua pemain yakni Megawati dan Medi Yoku sempat dinyatakan lolos.

Baca Juga: Ratu Bulu Tangkis Dunia An Se-young Melipir ke Liga Voli Korea, Beri Pujian untuk Rival Megawati Hangestri dkk