MotoGP Thailand 2023 - Gaji Marc Marquez Masih Tertinggi pada MotoGP Saat Ini tapi Tidak Gratisan di Gresini

By Delia Mustikasari - Jumat, 27 Oktober 2023 | 17:12 WIB
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez . berbicara kepada media di sela MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, Kamis (26/10/2023). (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP)

BOLASPORT.COM - Marc Marquez (Repsol Honda) masih menjadi pembalap MotoGP dengan bayaran tertinggi saat ini.

Marquez memiliki nilai kontrak Rp 204 miliar. Jumlah ini melebihi Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang berstatus juara dunia bertahan.

Media Spanyol, Cuatro, pada Maret 2023 melaporkan bahwa Marquez menerima bayaran sebesar 12,5 juta euro per tahun, atau sekitar Rp 210 miliar dari Honda.

Ini masih ditambah honor tambahan sebesar 570.450 euro (Rp 9,6 miliar) untuk setiap balapan yang diikuti plus bonus mencapai 1,4 juta euro (Rp 23,5 miliar) jika menjadi juara dunia.

Namun, jumlah tersebut bisa berubah setelah Marquez meninggalkan kontraknya di Honda satu tahun lebih awal untuk bergabung dengan Gresini Ducati musim depan.

Pembalap Spanyol itu memilih untuk melepaskan gaji tertinggi pada MotoGP saat ini.

"Terkadang dalam hidup Anda, tetapi selalu dalam karier saya, prioritas utama saya adalah performa berkendara. Bukan uangnya," kata Marquez, saat wawancara eksklusif dengan Crash.net di Buriram.

"Uang selalu penting. Dan jika ada yang mengatakan tidak, mereka berbohong," ujar pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu.

"Namun, terkadang Anda perlu percaya pada diri sendiri dan mengikuti apa yang Anda rasakan."

"Dalam karier saya, prioritas utama saya, bahkan gaya hidup saya di rumah dan di sini, di sirkuit, adalah berusaha menemukan yang terbaik untuk tampil terbaik di trek balap," tutur Marquez.