Final Hylo Open 2023 - Surga dan Neraka Chou Tien Chen, Kejar Rekor Lagi usai Kalah 'Ngenes' dari Ginting sampai Mogok Tanding

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 5 November 2023 | 12:04 WIB
Atlet bulu tangkis tunggal putra China Teipei, Chou Tien Chen, sedang bertanding dalam ajang Indonesia Open 2023 di Istora, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Tunggal putra nomor satu Taiwan, Chou Tien Chen, mendekatkan diri dengan pencapaian bersejarah setelah lolos ke final Hylo Open 2023.

Chou Tien Chen ke final setelah memenangi laga sengit kontra bocah ajaib Prancis, Alex Lanier, dalam babak semifinal yang dihelat di Saarlandhalle, Saarbruecken, Jerman, Sabtu (4/11/2023).

Kekalahan hampir saja dialami mantan tunggal putra peringkat dua dunia itu saat tertinggal 13-15 pada gim ketiga.

Beruntung, pengalaman Chou menjadi pembeda di momen-momen krusial. Tekanan yang terus dilancarkannya merusak fokus Lanier hingga sering melakukan kesalahan sendiri.

Delapan poin beruntun pun dicetak Chou untuk memenangi pertandingan selama 1 jam 12 menit itu dengan skor akhir 21-19, 19-21, 21-15.

Melaju ke final membuat Chou Tien Chen menciptakan peluang untuk mencetak sejarah.

Seperti dilansir dari BWF Badminton, Chou bakal menjadi tunggal putra tersukses dalam sejarah Hylo Open dengan torehan empat gelar apabila menjadi juara.

Tiga gelar Chou sebelumnya diraih lewat hattrick pada 2012, 2013, dan 2014. Saat itu nama turnamennya masih Bittburger Open dengan level Grand Prix Gold.

Chou belum berhasil lagi sesudahnya. Dalam tiga penampilan setelah kesuksesan terakhir di Saarbruecken, dia selalu kalah dari pemain yang akhirnya menjadi juara.

Baca Juga: Rekap Semifinal Hylo Open 2023 - 2 Wakil Indonesia Jaga Asa Juara