MotoGP Malaysia 2023 - Marc Marquez Ketahuan Towing dan Terjatuh, Murid Valentino Rossi Geram

By Delia Mustikasari - Minggu, 12 November 2023 | 06:00 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, pada sesi latihan bebas MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (2/9/2023). (LLUIS GENE/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, merenungkan insiden towing Marc Marquez (Repsol Honda) pada kualifikasi MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023).

Morbidelli memergoki Juara Dunia MotoGP enam kali itu membuntutinya atau melakukan towing pada kualifikasi pertama (Q1).

Dikutip dari laman resmi MotoGP, towing adalah perilaku atau strategi pembalap dengan cara membuntuti atau berada di belakang pembalap lain untuk mendapatkan keuntungan slipstream.

Slipstream yaitu aliran angin bebas atau free air yang mengalir tepat di belakang pembalap.

Morbidelli enggan untuk diikuti Marquez. Murid Valentino Rossi itu tampak melambaikan tangan kirinya untuk meminta Marquez melewati motor yang dikendarainya.

Awalnya, Marquez enggan memacu motornya sehingga tampak ikut melambat di belakang Morbidelli.

Marquez terpaksa melewati Morbidelli. Tak lama berselang, Marquez terjatuh saat mencoba untuk mengejar waktu agar lolos ke Q2 dan bersaing memperebutkan pole position.

Kakak kandung Alex Marquez itu tampak tak bisa mengendalikan RC213V di sebuah tikungan, tergelincir, dan jatuh.

Baca Juga: Jadwal Final Korea Masters 2023 - Menanti Kento Momota Naik Podium Kampiun Lagi meski Jepang Sudah Kunci Gelar, Indonesia Jadi Penonton

Akibatnya, pembalap 30 tahun itu akan start dari posisi ke-20 pada balapan MotoGP Malaysia 2023 atau  grid kedua dari belakang.