Piala Dunia U-17 2023 - Rumput JIS Bukan Isu Utama, Lebih Baik PSSI Fokus ke Pelayanan Suporter yang Masih Kurang

By Mochamad Hary Prasetya - Minggu, 12 November 2023 | 16:30 WIB
Suasana salah satu petugas sedang memantau Jakarta International Stadium atau Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023) siang. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Rumput Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Sunter, Jakarta Utara, sedang ramai dibahas di media sosial.

Ini karena masyarakat Indonesia menilai rumput JIS saat ini yang sedang dipakai di Piala Dunia U-17 2023 berubah drastis.

Masyarakat melihat tampilan rumput JIS berbeda dengan sebelumnya.

Dimana, rumput JIS dinilai tidak bagus, ketimbang saat pertama kali diresmikan pada 19 April 2022.

Usai diresmikan, masyarakat suka melihat pemandangan rumput JIS yang langsung dipakai dalam turnamen International Youth Championship 2022 dan laga uji coba Persija Jakarta Vs Chonburi FC.

Namun setelah JIS ditunjuk jadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023, FIFA yang sudah melihat langsung meminta perubahan dari segi rumput.

PSSI menyebut rumput JIS tidak standar FIFA.

Walhasil, PSSI dibantu oleh Dewa United dan Universitas Pelita Harapan (UPH) untuk mengubah rumput tersebut.

Ya, dari pantauan FIFA di Indonesia, hanya lapangan milik Dewa United dan UPH yang sesuai standar untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Setelah direnovasi, akhirnya rumput JIS dengan tampilan baru terlihat dalam pertandingan perdana Grup C Piala Dunia U-17 2023 pada Sabtu (11/11/2023).