Kilas Pencapaian Kusuma Wardhani, Momen Menegangkan 3 Srikandi Panahan Lahirkan Medali Pertama Indonesia di Olimpiade

By Agung Kurniawan - Senin, 13 November 2023 | 15:13 WIB
Tiga mantan pepanah putri Indonesia (kiri ke kanan), Kusuma Wardhani, Lilies Handayani, dan Nurfitri (PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.NET)

BOLASPORT.COM - Dalam perjalanannya mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di kancah olimpiade, beberapa momen dialami Kusuma Wardhani.

Indonesia baru saja kehilangan atlet legenda dari cabang olahraga panahan yakni Kusuma Wardhani yang meninggal dunia pada Minggu (12/11/2023).

Perempuan yang akrab disapa Suma tersebut meninggal dunia di usia 59 tahun di kampung halamannya, di Panankkukang, Makasar Sulawesi Selatan.

Suma bersama dua rekannya Nurfitriyana Saiman dan Lilies Handayani menjelma menjadi Tiga Srikandi yang mencetak sejarah bagi Merah-putih.

Di bawah arahan Donald Pandiangan, ketiga pepanah tersebut mampu mempersembahkan medali pertama Indonesia di pentas Olimpiade.

Momen membanggakan tersebut terjadi pada event Olimpiade musim panas tahun 1988 di kota Seoul, Korea Selatan.

Suma yang saat itu masih berusia 24 tahun mempersembahkan medali perak bersama kedua rekannya tersebut yang merupakan medali pertama.

Ya, sebelumnya, Indonesia belum pernah meraih medali sejak ikut berpartisipasi dalam pesta olahraga terbesar di dunia itu sejak tahun 1952.

Medali yang didapatkan Suma dan Tiga Srikandi pada tersebut merupakan pencapaian tertinggi cabor panahan di pentas olimpiade hingga saat ini.

Baca Juga: Kabar Duka, Kusuma Wardhani Penyumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Meninggal Dunia