Starting Grid MotoGP Qatar 2023 - Luca Marini Pimpin Balapan, Francesco Bagnaia Dibuntuti Jorge Martin

By Delia Mustikasari - Sabtu, 18 November 2023 | 22:04 WIB
Pembalap Mooney VR46, Luca Marini, pada sesi FP2 MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Lusail, Sabtu (18/11/2023). (KARIM JAAFAR/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Mooney VR46, Luca Marini, semakin menjanjikan jelang kepindahannya ke Honda pada 2024.

Adik Valentino Rossi itu menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Lusail, Sabtu (18/11/2023) sehingga berhak atas pole position.

Marini meraihnya saat sesi kualifikasi 2 (Q2) yang berlangsung selama 15 menit itu berakhir setelah menyelesaikan satu putaran dalam 1 menit 51,762 detik.

Catatan waktunya menggeser Fabio Di Giannantonio (Gresini) yang sepanjang sesi Q2 sudah dua kali memimpin sebagai pembalap tercepat.

Di Giannantonio harus puas start dari posisi kedua, diikuti rekan satu timnya, Alex Marquez yang juga melesat di detik-detik akhir sesi.

Dua adik bintang MotoGP itu berhasil mengalahkan dua pembalap yang saat ini sedang berebut gelar juara dunia MotoGP, Francesco Bagnaia (Ducati) dan Jorge Martin (Pramac).

Bagnaia dan Martin masing-masing harus puas memulai balapan di posisi keempat dan kelima setelah sempat kesulitan menemukan putaran terbaik mereka pada awal sesi.

 Di belakang Martin, ada rekan satu timnya, Johann Zarco, dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2023 - Adik Valentino Rossi dan Marc Marquez Pecundangi Francesco Bagnaia dan Jorge Martin

Posisi bagus Marquez terbantu saat dia kembali melakukan towing pada Q2 saat membuntuti Bagnaia.