MotoGP Qatar 2023 - Aleix Espargaro Sebut Sanksi yang Dia Terima Terlalu Berlebihan Usai Insiden dengan Murid Valentino Rossi

By Delia Mustikasari - Minggu, 19 November 2023 | 17:24 WIB
Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro (kiri) dan Franco Morbidelli ( Monster Energy Yamaha) pada sesi FP2 MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Lusail, Sabtu (18/11/2023). (KARIM JAAFAR/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dikenai denda dan hukuman mundur enam posisi pada balapan MotoGP Qatar 2023 setelah terlibat insiden dengan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) di Sirkuit Lusail, Qatar, Sabtu (18/11/2023).

Hukuman tersebut diberlakukan setelah Espargaro dan murid Valentino Rossi dari Akademi VR46 itu terlibat kontak fisik dalam sesi Free Practice 2/FP2 atau latihan bebas kedua.

Insiden tersebut terjadi saat kedua pembalap tersebut melaju di entry corner yang sama di salah satu tikungan Sirkuit Lusail.

Melihat laju Morbidelli yang juga lambat, Espargaro tersebut mulai merasa terganggu setelah saling bersenggolan.

Morbidelli tampak berusaha untuk menjelaskan semua kepada Espargaro, tetapi Espargaro merespons dengan sebuah tamparan kepada murid Valentino Rossi tersebut.

Mendapatkan sebuah tamparan keras tersebut, pembalap blasteran Italia-Brasil itu langsung melaju dengan motornya.

Insiden tersebut sudah diinvestigasi oleh FIM Stewards yang berujung kepada dua hukuman di atas.

Espargaro yang menyelesaikan sesi kualifikasi di urutan ke-10 akhirnya akan memulai balapan MotoGP Qatar 2023 dari posisi ke-16 akibat hukuman tersebut.

Pembalap berusia 34 tahun itu juga harus membayar uang sebesar 10 ribu Euro atau setara dengan Rp 168 juta.

Espargaro memberikan penjelasan pertamanya tentang insiden dengan Franco Morbidelli sambil terbaring dengan kakinya yang dibalut plester.