Update Klasemen MotoGP 2023 - Di Giannantonio Hancurkan Rencana Francesco Bagnaia, Penentuan Hidup-Mati dengan Jorge Martin Lanjut ke Valencia

By Delia Mustikasari - Senin, 20 November 2023 | 02:01 WIB
Dari kiri ke kanan, Francesco Bagnaia (Ducati), Fabio Di Giannantonio (Gresini), dan Luca Marini (Mooney VR46) di podium MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Lusail, Minggu (19/11/2023). (KARIM JAAFAR/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Gresini, Fabio Di Giannantonio, keluar sebagai juara pada balapan MotoGP Qatar 2023.

Hal tersebut dipastikan setelah pembalap asal Italia tersebut finis pertama pada balapan 22 putaran yang berlangsung di Sirkuit Lusail, Senin (20/11/2023) dini hari WIB.

Dia mengalahkan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang tengah berupaya menjauhkan poin atas Jorge Martin (Prima Pramac) untuk mengunci gelar juara dunia tahun ini.

Bagnaia sebenarnya bisa mengunci gelar juara dunia jika jarak poin dengan Martin berada di angka 12 atau lebih setelah sprint MotoGP Qatar pada Sabtu (18/11/2023).

Dengan begitu, dia bisa mendapatkan 37 poin pada balapan utama jika menang, untuk memastikan gelar.

Martin tetap akan berada di posisi kedua meski poinnya sama dengan Bagnaia di seri terakhir karena kalah jumlah kemenangan lomba.

Namun, Bagnaia finis kelima pada sprint race dan finis kedua pada balapan utama MotoGP Qatar, sementara Martin finis pertama pada sprint race sehingga dia sempat unggul 7 poin sebelum balapan utama MotoGP Qatar digelar.

Hal ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia akan dilanjutkan hingga seri terakhir musim ini, GP Valencia pada 26 November mendatang.

Bagnaia kini mengoleksi 437 poin setelah mendapat tambahan 20 angka hasil finis kedua.

Dia unggul 21 poin atas Martin yang harus puas finis di posisi ke-10 karena kesulitan menemukan kecepatan terbaik sepanjang balapan.