Keuangan Akhirnya Stabil usai Dibantu Pertamina, VR46 Disebut Sepakat Jadi Tim Satelit Yamaha

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 22 November 2023 | 13:45 WIB
Dari kiri ke kanan, Gianluca Falcioni (CEO Agensi VR46), Valentino Rossi (pemilik tim VR46), dan Werry Prayogi (Direktur Utama PT Pertamina Lubricants) dalam pengumuman kerja sama di MotoGP. (VR46)

BOLASPORT.COM - Beredar kabar bahwa tim balap VR46 besutan Valentino Rossi telah mencapai kesepakatan dengan Yamaha untuk menjadi tim satelit pada MotoGP.

Rumor ini dikeluarkan media motosport, Speedweek, saat mengulas dukungan finansial VR46 yang akhirnya tidak jauh-jauh dari perusahaan minyak.

Seperti diketahui, saat rencana VR46 untuk melebarkan sayap ke kelas para raja muncul pada 2021, Aramco, perusahaan migas Arab Saudi, muncul sebagai sponsor utama.

Tak tanggung-tanggung, VR46 disebut akan menerima kucuran dana sebesar 18 juta dolar AS per tahun dalam kerja sama yang diatur oleh pangeran Arab, Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.

Angka ini sudah lebih dari cukup.

Mengutip artikel How Much Does It Really Cost to Run a MotoGP Team dari The-Race pada April 2020, bujet tim independen di MotoGP berada di kisaran 10-15 juta euro.

Dengan dana mendekati 15 juta euro (sekitar 16 juta dolar AS), tim sudah bisa diekspektasikan untuk mendapat paket pembalap dan motor yang kompetitif.

Sayangnya, kerja sama ini batal secara tragis dan bahkan dicurigai sebagai sebuah penipuan.

Aramco secara langsung membantah kabar kesepaktan dengan VR46 sementara Prince Abdulaziz gagal memenuhi janjinya untuk menyediakan dana sebelum batas waktu.

Baca Juga: Ternyata Cuma 'Prank', Di Giannantonio Klarifikasi Pesan Gresini yang Bikin Bagnaia dan Ducati Kena Fitnah