Update Klasemen MotoGP 2023 - 3 Skenario Sulit Martin Jadi Juara Dunia, Masih Harus Kerja Keras Kalahkan Bagnaia

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 25 November 2023 | 22:13 WIB
Pembalap Prima Pramac, Jorge Martin, merayakan kemenangannya pada sprint MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 25 November 2023. (JAVIER SORIANO/AFP)

BOLASPORT.COM - Terpangkasnya jarak poin antara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Jorge Martin (Prima Pramac) di klasemen MotoGP 2023 membuat persaingan untuk gelar juara berlanjut hingga akhir.

Jorge Martin memperpanjang asanya setelah memenangi sprint MotoGP Valencia yang dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Sabtu (25/11/2023).

Mengambil pendekatan agresif dengan ban belakang lunak, paling cepat diajak berlari, seperti biasanya, Martin dapat memaksimalkan peluangnya dari posisi start keenam.

Pada lap pertama Martin sudah memburu pemuncak klasemen, Francesco Bagnaia, yang dapat memimpin di tikungan pertama tetapi kemudian melebar.

Setelah melewati Bagnaia, Martin kemudian terlibat duel sengit dengan tiga pembalap terdepan yaitu Maverick Vinales (Aprilia Racing), Brad Binder (Red Bull KTM), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Persaingan ketiganya begitu sengit dengan dogfight yang cukup berhasil membuat penonton terus terpaku hingga akhir.

Salah satu momen menegangkan terjadi ketika Marquez mencoba memanfaatkan celah yang dibuka Martin untuk menyalip dari sisi dalam.

Martin langsung menutup "pintu". Manuver kedua pembalap nyaris menciptakan benturan dengan ban depan Marquez menyentuh bahu kiri Martin hingga baju balapnya lecet.

Setelah mengatasi perlawanan Marquez, Martin kemudian menyalip Vinales dan Binder untuk merebut posisi pertama hingga garis finis.

Baca Juga: Hasil Sprint MotoGP Valencia 2023 - Pendekatan Agresif Martin Lebih Berhasil, Menangi Lomba Saat Bagnaia Tertahan