Bikin Mukjizat Dadakan Setelah 2 Tahun Tuli, Honda Seharusnya Bisa Cegah Marc Marquez Pindah ke Ducati

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 1 Desember 2023 | 19:45 WIB
Ekspresi haru Marc Marquez setelah meraih podium pada sprint MotoGP Valencia. Momen perpisahan di akhir musim 2023 barangkali bisa tertunda andai Honda bertindak lebih cepat. (MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Di balik sorotan besar ke arah Marc Marquez saat Tes MotoGP Valencia, Honda menyusun kebangkitan dalam senyap. Sayangnya, keajaiban yang mereka buat sudah terlambat untuk menahan Sang Megabintang.

Honda kehilangan salah satu kekuatan mereka pada MotoGP 2024.

Adalah Marc Marquez, ujung tombak Honda dalam 10 tahun terakhir yang memutuskan pergi setelah lelah dengan krisis yang tiada akhir di MotoGP.

Si Alien tak lagi percaya diri setelah bakatnya untuk membawa motor melaju hingga melewati batas performa tak lagi berdampak karena motor yang "gagap" diajak berlari.

Dengan usia yang mulai menua, pembalap yang akan berusia 31 tahun pada 17 Februari 2024 itu memilih untuk mencari kesempatannya ke pabrikan lain.

Tamparan yang didapatkan Honda makin keras karena juara dunia delapan kali itu lebih memilih untuk pindah ke tim satelit.

Saga transfer Marquez barangkali menjadi salah satu faktor yang membangunkan Honda untuk berbenah dan sudah ada tanda-tandanya.

Situasi tim pabrikan asal Asaka berubah 180 derajat ketika kuda besi baru mereka terlihat begitu menjanjikan dalam tes pasca-musim pada Selasa (28/11/2023) di Valencia, Spanyol.

Pembalap utama, Joan Mir, yang sepanjang musim terjatuh 24 kali dan absen 5 kali, termasuk di balapan terakhir, langsung semringah begitu merasakan perubahan nyata.

Baca Juga: Alasan Honda Mau Beri Kontrak 2 Tahun ke Luca Marini meski Harus Persulit Hidup di Bursa Transfer MotoGP 2024