Sukses Gelar Piala Dunia U-17 2023, JIS Siap Songsong Banyak Event Internasional

By Mochamad Hary Prasetya - Jumat, 1 Desember 2023 | 22:45 WIB
Claudio Echeverri sedang melakukan selebrasi seusai mencetak gol dalam laga babak delapan besar Piala Dunia U-17 2023 antara timnas U-17 Brasil versus timnas U-17 Argentina di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Jumat (24/11/2023). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Perhelatan Piala Dunia U-17 2023 memasuki final.

Final akan mempertemukan Prancis Vs Jerman di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/13/2023).

Selain Manahan, tiga stadion lain yakni Gelora Bung Tomo (Surabaya), Si Jalak Harupat (Bandung) dan Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi venue terbukti sukses menggelar seluruh pertandingan mulai babak penyisihan grup hingga perempat final.

Khusus Jakarta, kesuksesan JIS terlihat saat stadion ini mampu menggelar 16 pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Ini adalah jumlah pertandingan terbanyak di seluruh rangkaian turnamen.

“Apa yang kita lakukan ini akan membentuk citra positif kepada Indonesia secara umum dalam menyelenggarakan berbagai event internasional,” kata Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada media.

Menurut Usman, secara khusus citra pemerintah DKI Jakarta juga akan turut meningkat.

Baca Juga: Final Piala Dunia U-17 2023 - Kiper Prancis Siap jika Harus Adu Penalti Lagi Melawan Jerman

Selain Gelora Bung Karno, Jakarta memiliki JIS sebagai stadion standar FIFA yang bisa menjadi incaran dan venue turnamen internasional, khususnya sepakbola.

Berbagai event internasional di JIS mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar mulai dari penjualan souvenir, kuliner, hingga transportasi.