Hamdan Hamedan Buka Suara Peran Pemain Persis Solo yang Bantu Cari Pemain Keturunan Indonesia

By Bagas Reza Murti - Selasa, 5 Desember 2023 | 10:10 WIB
Tenaga ahli Kemenpora, Hamdan Hamedan, di Information Center Piala Dunia U-17 2023, Sabtu (2/12/2023). (MUKHAMMAD NAJMUL ULA/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Tenaga Ahli Kemenpora RI bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan buka suara terkait peran salah satu pemain Persis Solo, Yussa Nugraha yang bantu cari pemain keturunan.

Salah satu pemain Persis Solo Youth, Yussa Nugraha melalui pengalamannya berkarier di Liga Belanda menjadi salah satu orang yang memiliki informasi pemain keturunan Indonesia.

Ia juga kerap membagikan obrolan dengan pemain-pemain keturunan Indonesia melalui konten di Youtube pribadinya.

Maka tak heran bila netizen menganggap Yussa Nugraha sebagai orang yang bisa membantu Kemenpora mencari pemain keturunan.

Saat ini, Kemenpora RI telah serius mencari pemain-pemain keturunan dari berbagai cabang olahraga, termasuk sepak bola.

Baca Juga: Respons Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes Usai Komisi X dan III DPR Setujui Proses Naturalisasinya, Makin Dekat Bela Timnas Indonesia

MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Utusan PSSI terkait pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan, sedang melakukan wawancara kepada awak media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, 30 Januari 2023.

Hal ini tergambar dari ditunjuknya Hamdan Hamedan sebagai tenaga ahli Kemenpora RI bidang Diaspora dan Kepemudaan per Mei 2023 lalu.

“Populasi mereka memang cukup besar yaitu setara provinsi Sulawesi Selatan atau 9 juta jiwa. Mereka pun tersebar di lebih dari 90 negara di dunia,” kata Hamdan.

“Sebagian dari mereka ada yang berprofesi dan berpotensi menjadi atlet olahraga. Bahkan ada pula yang memang sudah terkenal hingga ke Indonesia karena pretasinya.”