Juarai Syed Modi International 2023, Ganda Putra Malaysia Ini Dianggap Bisa Tebar Ancaman bagi Pasangan 20 Besar Dunia

By Delia Mustikasari - Senin, 4 Desember 2023 | 17:06 WIB
Pasangan ganda putra Malaysia, Choong Hon Jian/Muhammad Haikal, merebut gelar juara Syed Modi International setelah mengalahkan Akira Koga/Taichi Saito (Jepang) di di BBD U.P Badminton Academy, Lucknow, India, Minggu (3/12/2023). (BAM)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda putra Malaysia, Choong Hon Jian/Muhammad Haikal, keluar sebagai juara Syed Modi International 2023.

Gelar juara didapat setelah mengalahkan unggulan pertama, Akira Koga/Taichi Saito (Jepang), 18-21, 21-18, 21-16 pada laga yang berlangsung di BBD U.P Badminton Academy, Lucknow, India, Minggu (3/12/2023).

Hal ini merupakan kejutan karena Choong/Haikal menduduki ranking ke-93 dunia dan bukan pasangan yang diunggulkan pada turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut.

Dalam perjalanan meraih titel juara, Choong/Haikal juga mengalahkan pasangan unggulan lainnya.

Mereka mengalahkan unggulan keempat, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) pada babak 16 besar dan unggulan kedua, Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) pada semifinal.

Sebelumnya, hasil terbaik yang didapat Choong/Haikal sebagai partner adalah mencapai final Indonesia Masters 2023 Super 100 yang digelar di Surabaya pada Oktober.

Hasil tersebut membuat pelatih ganda putra nasional Malaysia, Tan Bin Shen, percaya bahwa Choong/Haikal bisa melangkah lebih jauh pada turnamen World Tour selanjutnya.

"Dari turnamen ini kamibisa melihat Hon Jian/Haikal punya kemampuan untuk mengalahkan pasangan 20 besar dunia," kata Tan dilansir dari NewsStraitsTimes.

"Jika mereka terus maju, mereka akan segera menjadi salah satu yang terbaik. Para pemain mengetahui hal ini," ucap Tan.

Choong/Haikal memulai gim pertama dengan keunggulan 3-0.