Line-Up MotoGP 2024 - Tim Baru Diumumkan, Legasi Negara asal Idola Valentino Rossi Akhirnya Dibangkitkan di Kelas Para Raja

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 6 Desember 2023 | 11:50 WIB
Tim balap asal Amerika Serikat, Trackhouse Racing, resmi menjadi kontestan baru MotoGP untuk musim 2024. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - MotoGP secara resmi memperkenalkan Trackhouse Racing sebagai tim baru untuk musim 2024 di Milan, Italia, Selasa (5/12/2023).

Trackhouse Racing akan mengambil alih tempat yang semula diisi oleh CryptoDATA RNF dalam dua musim terakhir.

Menyusul pencabutan lisensi atau hak tampil CryptoDATA RNF, Trackhouse Racing mewarisi seluruh pembalap, kru, hingga motor Aprilia.

Artinya, Trackhouse akan tetap diperkuat oleh duet Miguel Oliveira dan Raul Fernandez dengan motor Aprilia RS-GP mereka.

Meski demikian, kehadiran Trackhouse Racing lebih dari sekadar menyambut tim baru.

Sorotan juga tertuju kepada fakta bahwa kehadiran Trackhouse Racing menandai kembalinya eksistensi Amerika Serikat di MotoGP.

Negeri Paman Sam punya tradisi kuat di MotoGP hingga sempat menjadi salah satu kekuatan besar pada akhir tahun 70an hingga awal millennium.

Total 15 gelar juara dunia dari kelas para raja direngkuh pembalap berkebangsaan Amerika dari zaman Kenny Roberts hingga mendiang Nicky Hayden.

Tak cuma di level pembalap, gebrakan besar juga pernah dilakukan di level tim saat Team Roberts besutan King Kenny mengambil pendekatan ala tim F1.

Baca Juga: Motor Ducati Marc Marquez Rupanya Berbeda dengan Motor Francesco Bagnaia Saat Jadi Juara MotoGP 2023