BWF World Tour Finals 2023 - Ganda Putra Indonesia Selalu Capai Final di 4 Edisi Terakhir, Fajar/Rian dan Bagas/Fikri Didukung Sejarah

By Nestri Y - Senin, 11 Desember 2023 | 12:00 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di podium BWF World Tour Finals 2022, Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, Minggu (11/12/2022). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Target dua wakil Indonesia di final dari PBSI untuk BWF World Tour Finals 2023 terasa ringan jika melihat tradisi ganda putra yang rajin melesat ke laga puncak.

Nomor yang sering jadi andalan Indonesia tersebut menjadi nomor paling menjanjikan tiap kali ajang bergengsi penutup musim tersebut bergulir.

Ganda putra Indonesia memiliki catatan positif setiap kali berlaga pada turnamen yang hadiah totalnya kini melonjak sebesar 2,5 juta rupiah.

BWF World Tour Finals dipertandingkan mulai 2018, mengikuti dimulainya era tur turnamen sirkuit baru dari era Super Series menuju World Tour.

Dan sejak BWF World Tour Finals edisi 2019 hingga 2022, ganda putra selalu hadir sebagai wakil Merah Putih di laga puncak.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi yang pasangan paling rajin naik podium.

The Daddies yang terhitung paling veteran justru sering paling konsisten memiliki hasil apik di BWF World Tour Finals.

Pada edisi 2019, Ahsan/Hendra bahkan menjadi juara setelah menaklukkan ganda putra Jepang ulet pada masanya, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Kemenangan mereka saat itu pun terjadi setelah laga dramatis, di mana Ahsan/Hendra berhasil menang lewat dua gim yang sangat ketat dengan skor 24-22, 21-19.

Baca Juga: Bedah Drawing BWF World Tour Finals 2023 - 1 Kebiasaan Axelsen Bikin Jojo-Ginting Bisa Berbarengan di Grup Neraka Jahanam