Bak Membunuh Karier Pelan-Pelan, Rexy Mainaky Tanggapi Istilah Badminton Lovers 'Comeback Stronger'

By Wahid Fahrur Annas - Selasa, 19 Desember 2023 | 19:00 WIB
Rexy Mainaky bersama Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada pertandingan final Kejuaraan Dunia 2022, Minggu (28/8/2022) (TWITTER.COM/BWF MEDIA)

BOLASPORT.COM - Pelatih asal Indonesia, Rexy Mainaky, menanggapi istilah yang cukup sering digunakan oleh para pecinta bulu tangkis atau Badminton Lovers untuk memberikan dukungan kepada atlet.

Istilah yang paling populer adalah 'Comeback Stronger' atau kembali lebih kuat.

Itu seakan menjadi kata-kata semangat untuk seorang atlet yang baru mengalami kekalahan atau sedang berada dalam tren menurun.

Namun hal itu tampaknya bisa berdampak jangka panjang terhadap mental para pemain.

Rexy yang menjabat sebagai direktur kepelatihan ganda bulu tangkis Malaysia (BAM) itu mengungkapkan kekecewaan dengan istilah yang sering berseliweran tersebut.

Dia mengatakan, meski tidak salah, jika sang pemain rutin menerima kata-kata penyemangat seperti itu padahal kualitas permainannya mengecewakan.

Seolah-olah itu akan 'membunuh' karier sang pemain secara perlahan.

Baca Juga: Rekap Total Hadiah Uang Pebulu Tangkis Indonesia - 9 Pemain Jadi Miliarder, Jonatan Paling Cuan, Marcus dan Kevin Berbeda

Dengan demikian, Rexy menilai justru wajar bagi pemain mendapatkan kritik jika dia tidak mampu menunjukkan performa apik di atas lapangan.

Sebaliknya kritikan seakan menjadi cambuk untuk para atlet sebagai motivasi dan bermain lebih baik ke depannya.