Update Ranking BWF - Fajar/Rian Tersalip, Ganda Putra Terbaik Malaysia Makin Ngenes

By Nestri Y - Rabu, 20 Desember 2023 | 10:30 WIB
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, saat tampil pada laga terakhir fase grup BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou, China, 15 Desember 2023. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengalami penurunan peringkat dalam ranking terbaru BWF.

Update ranking BWF di sektor ganda putra mengalami banyak pergeseran setelah BWF World Tour Finals 2023 rampung digelar pada Minggu (17/12/2023).

Indonesia masih memiliki dua pasangan yang bertahan di ranking 10 besar.

Namun, satu pasangan harus menelan kenyataan mengalami penurunan peringkat. Sosok yang dimaksud adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Pencapaian yang sama dengan edisi tahun lalu dari turnamen penutup musim yaitu semifinal (menghasilkan 8.400 poin) membuat total poin ranking Fajar/Rian kembali ke angka 86.829.

Total poin Fajar/Rian kembali seperti dua pekan lalu alias sebelum kedaluwarsanya poin dari BWF World Tour Finals 2022.

Adapun pekan lalu akumulasi 10 poin tertinggi Fajar/Rian dalam periode 52 pekan aktual sempat turun ke 85.029.

Fajar/Rian sebenarnya berpeluang untuk melangkah lebih jauh.

Sebab, di semifinal BWF World Tour Finals 2023 mereka kandas di tangan pasangan nomor satu, Liang Wei Keng/Wang Chang (China) dalam pertarungan tiga gim yang ketat.

Sementara Liang/Wang tetap di peringkat pertama meski menjadi runner-up, sosok yang menjadi penggusur Fajar/Rian adalah sang juara BWF World Tour Finals 2023.