Makin Lebar Jalan Veda Ega ke MotoGP: Resmi Tampil di Rookies Cup dan Kini Aturan Batas Usia Kelas Moto3 Dilonggarkan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 20 Desember 2023 | 12:30 WIB
Pembala Indonesia Veda Ega Pratama saat tampil pada ATC Indonesia 2023, di Sirkuit Mandalika (AGUNG KURNIAWAN/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Mimpi pembalap Indonesia, Veda Ega Pratama, tampil di MotoGP mendapatkan kemudahan berkat pelonggaran batas usia minimal pembalap.

Pada hari yang sama setelah Veda Ega Pratama resmi tampil di Red Bull Rookies Cup, Selasa (20/12/2023) Komite Grand Prix mengumumkan perubahan aturan batas usia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Veda Ega Pratama menjadi kontestan anyar dari Red Bull Rookies Cup melalui rekomendasi dari Dorna.

Veda memang telah membuktikan kemampuannya setelah menjuarai Asia Talent Cup 2023 yang merupakan salah satu ajang perjenjangan menuju MotoGP.

Dalam kompetisi junior untuk region Asia itu, Veda mencetak rekor poin tertinggi dalam semusim (256 poin) berkat raihan 9 kemenangan dan 1 podium lainnya dari 12 balapan.

Undangan untuk tampil di Red Bull Rookies Cup menghilangkan kekhawatiran tentang kelanjutan kiprah pembalap yang lahir pada tanggal 23 November 2008 itu.

Dengan ini, jalur promosi Veda, yang masih berumur 15 tahun, menuju MotoGP menjadi mulus meski tentunya dengan catatan.

Usia yang belia membuat Veda tidak bisa mengikuti Rookies Cup dan ajang perjenjangan lainnya, JuniorGP, secara simultan seperti seniornya yaitu Mario Suryo Aji dan Fadillah Arbi Aditama yang sudah mentas di MotoGP.

Batas usia JuniorGP, yang berstatus Kejuaraan Dunia dan bukan balapan dengan satu spesifikasi motor seperti Rookie Cup dengan motor KTM RC250 R-nya, lebih tinggi satu tahun.

Baca Juga: Selangkah Lebih Dekat ke Moto3, Pembalap Indonesia Veda Ega Lolos Red Bull Rookies Cup 2024