Satu Suara dengan 8 Tim, Man United Nyatakan Sikap Tolak European Super League

By Bonifasius Anggit Putra Pratama - Kamis, 21 Desember 2023 | 22:45 WIB
Man United memberikan respons terbuka terkait potensi kembalinya wacana European Super League alias Liga Super Eropa. (TWITTER.COM/FABRIZIOROMANO)

BOLASPORT.COM - Bersama 8 tim lainnya, Man United telah menyatakan satu suara dan sikap menolak seiring kembalinya wacana European Super League atau Liga Super Eropa.

Wacana kembalinya European Super League tiba-tiba kembali muncul ke permukaan.

Kabar perihal rencana European Super League yang digagas pada 2021 silam kembali mengemuka seiring putusan dari Pengadilan Uni Eropa, Kamis (21/12/2023) waktu setempat.

Pengadilan Uni Eropa menjatuhkan putusan bahwa FIFA dan UEFA tidak diperkenankan untuk melarang klub bergabung dengan Liga Super Eropa.

Keberpihakan Pengadilan Uni Eropa kepada Liga Super Eropa tak lepas dari dugaan adanya penyalahgunaan dominasi yang dimiliki oleh UEFA dan FIFA.

Dua peserta Liga Super Eropa yang masih bertahan, Real Madrid dan Barcelona, adalah yang bersikukuh digelarnya kompetisi tandingan Liga Champions dan Liga Europa tersebut dengan menempuh jalur hukum.

Mereka adalah 2 dari 12 klub pendiri Liga Super Eropa yang masih bertahan pada konsep liga antarklub tandingan tersebut.

Baca Juga: European Super League Mengeklaim Diri Menang atas UEFA, Ini Format Baru Kompetisi Tandingan Liga Champions

Kompetisi yang digagas oleh presiden Real Madrid, Florentino Perez tersebut memang sempat layu sebelum berkembang.

Dua tahun lalu UEFA telah memperingatkan bagi siapa saja yang berpartisipasi di Liga Super Eropa bakal dibekukan status keanggotaannya bahkan dilarang bermain di Liga Champions dan kompetisi domestik.