Merasa Punya Peluang Jadi yang Terbaik di Yamaha, Murid Valentino Rossi Malah Digusur Alex Rins

By Delia Mustikasari - Minggu, 24 Desember 2023 | 19:00 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, bersama motor Yamaha YZR-M1 dalam peluncuran tim pada MotoGP 2023. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap MotoGP Italia, Franco Morbidelli, menceritakan performanya saat musim terakhir bersama Yamaha hingga akhirnya Alex Rins menggantikan posisinya sebagai tandem Fabio Quartararo.

Pada jeda musim panas MotoGP, Franco Morbidelli masih terpaut tujuh poin atas rekan setimnya di Monster Energy Yamaha, Quartararo.

Itu merupakan sebuah langkah yang cukup besar, mengingat Morbidelli tertinggal 103 poin dari rekan setimnya yang saat itu memimpin klasemen pada tahap yang sama pada 2022.

Namun, hasil mereka kemudian mulai terungkap lagi pada paruh kedua musim ini.

Saat Quartararo kemudian mencetak tiga podium dan kesepuluh di kejuaraan dunia, Morbidelli merosot ke urutan ke-13 dan tidak memperbaiki posisi keempatnya pada awal musim di Argentina.

Penghitungan poin terakhir pembalap M1 adalah 172-102 untuk keunggulan Quartararo.

"Tahun ini saya merasa memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik di Yamaha dan sejujurnya di paruh pertama musim ini kami melakukannya dengan baik dan berada dalam pertarungan itu," kata Morbidelli mengenang dilansir dari Crash.

Murid Valentino Rossi dari Akademi VR46 itu selanjutnya diberitahu bahwa Alex Rins akan mengambil tempatnya pada 2024 saat libur musim panas.

"Tetapi, segalanya berubah pada paruh kedua musim ini. Mungkin pengumuman (Rins) dan beberapa hal lain yang terjadi di dalam tim dan sebagainya," ucap Morbidelli.

"Menurut saya, Fabio mampu melakukan pekerjaannya dengan luar biasa pada paruh kedua musim. Praktis tanpa cacat."