Ini Alasan Casey Stoner Pensiun Dini dari MotoGP, Bagaimana Marc Marquez Hindari Nasib Serupa?

By Delia Mustikasari - Rabu, 27 Desember 2023 | 06:00 WIB
Casey Stoner dan Marc Marquez (TWITTER.COM/VI5MU)

BOLASPORT.COM - Mantan pembalap MotoGP, Casey Stoner, memuji Marc Marquez karena memprioritaskan kesenangannya dalam balapan dan kondisi demikian menghindari pensiun dini.

Stoner pensiun sebagai pembalap MotoGP pada 2012, sebagai juara dunia dua kali, pada usia 27 tahun dan mengaku tidak lagi menikmati olahraga tersebut.

Marquez karena alasan yang berbeda berada pada titik terendahnya awal tahun ini, tetapi debutnya dengan motor Ducati pada tes pascamusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia bersama Gresini mengembalikan senyumannya.

"Jika Anda tidak menikmatinya, mengapa Anda mempertaruhkan segalanya?", kata Stoner mengatakan kepada TNT Sports di Phillip Island, Australia dilansir dari Crash.

"Jika Marc menikmati balapannya, dia tidak akan mau mengambil risiko dengan sia-sia."

"Penting baginya untuk mendapatkan kembali kenikmatan itu. Temukan alasan untuk bangun di pagi hari, latih diri Anda, alami cedera ini, tarik diri Anda kembali," ujar pria asal Australia itu.

"Orang-orang melihatnya dari luar. Namun, sangat sulit ketika segala sesuatunya bertentangan dengan Anda."

"Tubuh Anda tidak ingin melakukan sesuatu, tetapi Anda memaksakannya. Ini memakan banyak korban."

Juara dunia delapan kali Marquez telah menderita cedera yang mengancam kariernya selama tiga tahun dan kinerja Honda yang buruk.

Tahun ini di Sachsenring, yang secara tradisional merupakan salah satu trek favoritnya, Marquez tampak lebih serius dari sebelumnya setelah lima kali mengalami kecelakaan sebelum grand prix itu sendiri yang memaksanya untuk mundur.