Tahun Baru, PV Sindhu Depak Pelatih Malaysia dan Pilih Juru Taktik asal Indonesia

By Delia Mustikasari - Sabtu, 6 Januari 2024 | 10:30 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri India, Pusarla Venkata Sindhu, pada Japan Open 2023, 26 Juli. (RICHARD A. BROOKS/AFP)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putri India, Pusarla Venkata Sindhu, telah merombak hidupnya dalam upaya habis-habisan untuk mendapatkan emas pada Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya, pebulu tangkis 28 tahun itu harus puas dengan medali perak pada Olimpiade Rio 2016 dan medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020.

Ia kini berada di Bengaluru, India, jauh dari Hyderabad, tempat ia berlatih hampir sepanjang kariernya.

Hal-hal yang paling menarik di antaranya adalah sebagai juara dunia pada 2019.

Namun, langkah pada Oktober 2023 dianggap penting bagi Sindhu, yang ingin lebih dekat dengan mentor barunya, Prakash Padukone (legenda bulu tangkis India) dan ayah dari superstar Bollywood, Deepika Padukone.

Itu bukan satu-satunya perubahan yang dilakukan Sindhu saat ia bersiap untuk menjadi "lebih pintar" untuk Olimpiade Paris 2024.

Baru-baru ini dia mengganti beberapa anggota timnya, dari pelatih kebugaran pribadi hingga fisioterapisnya.

Pekan ini pelatih asal Indonesia, Agus Dwi Santoso, mulai melatih Sindhu yang berpisah dengan Muhammad Hafiz Hashim (Malaysia).

Hafiz Hashim sebelumnya bekerja sama dengan Sindhu pada Juli setelah berpisah dengan pelatih lamanya Park Tae-sang (Korea Selatan) pada awal 2023.

"Saya telah berlatih dengan Hafiz dan kemudian saya menginginkan perubahan. Saya pikir itu tidak cocok dengan permainan saya," kata Sindhu dalam wawancara dengan Reuters yang dilansir dari The Star.