Tegaskan Tak Ada Perbedaan Pemain Lokal dan Keturunan, Erick Thohir Ungkap Rencana Bersama Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

By Wila Wildayanti - Senin, 8 Januari 2024 | 23:30 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan bahwa di tubuh timnas Indonesia tak ada perbedaan pemain lokal maupun keturunan. Menurutnya semua memiliki kepentingan yang sama yakni membela Merah Putih.

Seperti diketahui, para pemain timnas belum lama ini kompak mengkampanyekan agar semua pihak berhenti membandingkan pemain lokal dan keturunan jelang Piala Asia 2023.

Kampanye ini dilakukan para pemain timnas Indonesia tepat pada 4 Januari 2023 malam WIB, sehari sebelum skuad Garuda menjalani uji coba melawan Libya pada laga kedua.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kompak Unggah Pesan soal Naturalisasi, Ketum PSSI: Saya Terharu

Semua pemain yang dibawa Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala Asia 2023 itu memang kompak melakukan kampanye ini.

Terkait kampanye ini, Erick Thohir mengaku bahwa ia sempat mengkonfirmasi ke para pemain timnas Indonesia dan ternyata itu inisiatif skuad Garuda.

Untuk itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut mengaku terharu karena para pemain dengan kompak mengkampanyekan bahwa tak ada perbedaan antara pemain lokal maupun keturunan.

Erick Thohir pun menegaskan bahwa tak ada perbedaan pemain naturalisasi atau diaspora dengan pemain lokal.

Menurut Erick, semua pemain yang bermain di timnas Indonesia memiliki kepentingan yang sama yakni membela tim Merah Putih.

"Saya tidak pernah membeda-bedakan pemain Indonesia atau pemain diaspora, menurut saya sama saja yang penting mau membela Merah Putih," ujar Erick Thohir saat ditemui awak media termasuk BolaSport.com di Stadion Uatama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2024).