Alarm menuju Thomas Cup, Indonesia Tak Lagi Unggulan Pertama Kejuaraan Beregu Asia Setelah 4 Tahun Lamanya

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 17 Januari 2024 | 10:07 WIB
Tim bulu tangkis putra Indonesia berpose menjelang perempat final Asian Games 2022 melawan Korea Selatan di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Jumat (29/9/2023). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Tim bulu tangkis putra Indonesia tidak akan menjadi unggulan pertama pada Kejuaraan Beregu Asia untuk pertama kalinya setelah 2020.

Pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 Indonesia 'hanya' akan menjadi unggulan kedua. Sementara itu posisi teratas dalam daftar unggulan diisi oleh China.

Ini menjadi pertama kalinya Indonesia tidak menjadi unggulan teratas di Kejuaraan Beregu Asia setelah mengalaminya dalam dua edisi beruntun pada 2020 dan 2022.

Sebagai informasi, pemeringkatan tim di Kejuaraan Beregu Asia dilakukan dengan menjumlah poin ranking dari tiga pemain tunggal teratas dan dua pasangan ganda teratas.

Baca Juga: Jadwal India Open 2024 - 5 Wakil Indonesia Tampil, Ada Jonatan dan Anthony Ginting

Salah satu penyebab penurunan peringkat tim putra Indonesia adalah melemahnya kekuatan di sektor ganda putra.

Pada 2020 Indonesia menguasai peringkat 1 dan 2 dua dunia melalui pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Dua tahun berselang, saat peringkat dunia belum dipulihkan sepenuhnya pasca-pembekuan akibat pandemi, Minions dan The Daddies masih bertahan di peringkat masing-masing.

Kini, situasi telah berubah.

Pasangan ganda putra teratas Indonesia yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di peringkat enam dalam pekan ranking yang dijadikan acuan untuk Kejuaraan Beregu Asia 2024.