Update Ranking BWF - Fajar/Rian, Apriyani/Fadia Turun, Dejan/Gloria Jadi Ganda Campuran No.1 Indonesia

By Delia Mustikasari - Rabu, 17 Januari 2024 | 10:46 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pada babak pertama India Open 2024 di K.D.Jadhav Indoor Hall, Indira Gandhi Sports Complex, New Delhi, Selasa (16/1/2024). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Perubahan posisi terjadi dalam daftar peringkat dunia pekan ke-3 2024 yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Selasa (16/1/2024).

Dua andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra) turun satu tingkat ke ranking ke-7 dunia setelah terhenti pada perempat final Malaysia Open 2024.

Fajar/Rian digeser Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Selain Fajar/Rian, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana berada di ranking ke-9 sehingga hanya ada dua ganda putra Merah Putih yang berada di daftar 10 besar.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terlempar dari urutan 10 besar dan kini berada di ranking ke-13 dunia.

Pada nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti turun tiga setrip ke ranking ke-9 dunia.

Apriyani/Fadia belum mendapat tambahan poin lagi karena belum kembali berkompetisi setelah tampil pada BWF World Tour Finals 2023 karena sedang melakukan pemulihan cedera.

Namun, Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) yang belum lama tampil di tingkat senior membuat kejutan dengan menjuarai Malaysia Open 2024 yang masuk dalam turnamen Super 1000.

Hal ini membuat persaingan ganda putri dunia semakin ketat dengan kehadiran mereka.

Pada nomor ganda campuran, persaingan para wakil Indonesia semakin sengit karena ada tiga wakil secara berurutan di peringkat 18 hingga 20 dunia.