Piala Asia 2023 - Bikin Timnas Indonesia Keok dan Sengsara, Pelatih Jepang Beberkan 2 Kunci Sukses

By Bonifasius Anggit Putra Pratama - Rabu, 24 Januari 2024 | 23:00 WIB
Pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, membeberkan dua kunci sukses timnya saat mengalahkan timnas Indonesia di laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024) malam WIB. (HECTOR RETAMAL/AFP)

BOLASPORT.COM - Berhasil membuat timnas Indonesia keok dan sengsara di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, membeberkan dua kunci sukses.

Timnas Jepang akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Satu tiket ke fase knock-out diraih timnas Jepang setelah berhasil mengalahkan timnas Indonesia pada matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023.

Timnas Jepang termotivasi untuk menang setelah sebelumnya dipaksa menyerah 1-2 dari Irak.

Sementara itu, timnas Indonesia mendapatkan kepercayaan diri tinggi setelah berhasil menundukkan Vietnam 1-0 pada laga sebelumnya.

Namun, hasil akhir di Stadion Al Thumama, Kamis (24/1/2024) malam WIB, menahbiskan Jepang sebagai runner-up Grup D.

Dalam laga yang berlangsung selama 2x45 menit tersebut Samurai Biru langsung unggul cepat pada menit ke-6 melalui eksekusi penalti Ayase Ueda.

Baca Juga: PSSI Akui Bingung Elkan Baggott Jadi Striker Saat Timnas Indonesia Hadapi Jepang

Hadiah penalti diberikan untuk Jepang setelah adanya pengecekan lebih dulu via VAR dari pelanggaran yang dilakukan Indonesia di kotak terlarang.

Perbedaan kualitas dan materi pemain kedua tim begitu kentara dengan statistik penguasaan bola dan tembakan yang dilepaskan.