Shin Tae-yong Larang Australia Ikut Tampil di Piala AFF, Ini Alasannya

By Wila Wildayanti - Sabtu, 27 Januari 2024 | 22:20 WIB
Shin Tae-yong melarang tim Australia ikut tampil di Piala AFF. Pasalnya, tim-tim di Asia Tenggara saja tengah berlomba-lomba untuk bersaing panggung Asia, jadi tidak bagus tim sekelas mereka tak berkembang. (HECTOR RETAMAL/AFP)

BOLASPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong melarang Australia tampil di Piala AFF. Hal ini karena tim asal Negeri Kanguru itu dinilai sudah berada di level berbeda.

Hal ini disampaikan oleh Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan timnas Indonesia vs Australia.

Tim Merah Putih bakal menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Sebelum pertandingan ini, Shin Tae-yong mendapat pertanyaan terkait tanggapan apabila Australia ikut tampil di Piala AFF.

Baca Juga: Shin Tae-yong Tak Janjikan Menit Bermain untuk Ramadhan Sananta hingga Shayne Pattynama Saat Hadapi Australia

Sebenarnya pertanyaan ini sudah sepatutnya ditanyakan, karena Australia merupakan salah satu anggota sub konfederasi AFF.

Australia sebenarnya telah bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 1 Januari 2006.

Tim berjulukan Socceroos tersebut merupakan anggota OFC atau dikenal Konfederasi sepak bola Oseania.

Tetapi, pada tahun 2013, Australia memilih sub konfederasi AFF.

Dengan begitu, tim asal Negeri Kanguru itu memiliki hak untuk tampil di semua turnamen yang digelar oleh AFC salah satunya Piala AFF.