Terasa Cepat kalau Sendirian, Motor Baru Honda Turunkan Ekspektasi Sekaligus Tumbuhkan Motivasi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 4 Februari 2024 | 07:40 WIB
Pembalap Repsol Honda, Luca Marini, melambaikan tangan saat mengikuti tes shakedown MotoGP di Sirkuit Sepang, Sepang, Malaysia, 3 April 2024. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Peningkatan performa Honda dinantikan pada MotoGP 2024 karena perubahan radikal yang mereka buat. Hanya saja, untuk sementara, ekspektasi jangan ketinggian. 

Keluarnya sang jagoan utama yaitu Marc Marquez pada akhir musim lalu membuat Honda makin disadarkan bahwa situasi yang mereka alami tidak baik-baik saja.

Perubahan besar terhadap motor Honda RC213V dilakukan dengan sejumlah pembaruan yang datang sejak tes pasca-musim di Valencia pada akhir November lalu.

Saking besarnya perbedaan, pembalap mereka sendiri sampai tidak percaya dibuatnya.

Joan Mir, yang akhirnya bertahan di tim Repsol Honda walau sempat putus asa, pun menemukan kembali semangatnya.

Nada-nada optimisme juga muncul dari pembalap anyar, Luca Marini, yang membuat perjudian karena meninggalkan tim VR46 dengan motor Ducati yang sedang mendominasi.

Marini percaya diri dengan arah pengembangan Honda setelah mengikuti Tes Shakedown MotoGP 2024 yang dihelat pada 1-3 Februari di Sirkuit Sepang, Sepang, Malaysia.

Keyakinan dari sosok yang dikenal analitis itu muncul karena umpan balik yang diberikannya sama dengan rider Honda lainnya di samping respons yang cepat dari para insinyur di Honda.

Baca Juga: Rekap Tes Shakedown MotoGP - Pedro Acosta Memang Ajaib dan Munculnya Motor Batman di Lintasan

Meski begitu, soal seberapa jauh mereka dari persaingan di depan, Marini masih melihat banyak ruang untuk perbaikan.