Kabar Terbaru Legenda Bulu Tangkis Chen Long, Kini Berpura-pura Jadi Orang Biasa dan Tak Bisa Pajang Medali Sendiri di Rumah

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 11 Februari 2024 | 07:00 WIB
Potret pemenang medali bulu tangkis nomor tunggal putra pada Olimpiade Rio 2016. Ki-ka: peraih perak Lee Chong Wei dari Malaysia, peraih emas Chen Long dari China, dan peraih perunggu Viktor Axelsen dari Denmark. (YURI CORTEZ/AFP PHOTO )

BOLASPORT.COM - Kejayaan besar semasa bertanding tak bisa dirayakan selamanya oleh legenda bulu tangkis asal China, Chen Long. Koleksi medalinya pun disembunyikan meski di rumah sendiri.

Soal pencapaian di bulu tangkis, nama Chen Long tak perlu diragukan lagi.

Lebih-lebih, pemain kelahiran 18 Januari 1989 tersebut justru bersinar di tengah rivalitas Lin Dan (China) dan Lee Chong Wei (Malaysia) yang mendominasi sektor tunggal putra.

Total 30 gelar juara berhasil dimenangi Chen Long, termasuk dari dua turnamen individu mayor yaitu Kejuaraan Dunia (2014, 2015) dan Olimpiade (2016).

Bahkan di Olimpiade yang menjadi destinasi utama atlet dunia, Chen mengumpulkan satu set medali dengan perunggu di London 2012, emas di Rio 2016, dan perak di Tokyo 2020. Lengkap.

Sudirman Cup dan Thomas Cup? Ada, masing-masing lima keping emas dan tiga keping emas.

Hanya Asian Games, ajang besar yang gagal dimenangi Chen Long hingga mengumumkan pensiun pada Mei 2023 dan di usia 34 tahun.

Meski begitu, koleksi trofi di rumah tetap komplet mengingat pencapaian penting ini telah diwakili oleh istri Chen Long sendiri yaitu Wang Shi Xian.

Wang Shi Xian, juga mantan pemain nomor satu dunia sebagaimana Chen Long, merupakan pemenang nomor tunggal putri Asian Games Guangzhou 2010.

Akan tetapi, pasangan yang menikah pada 2017 lalu ini tidak bisa lagi memajang seluruh prestasi mereka di rumah sendiri.