PSSI dan PT LIB Pantau Persiapan VAR Untuk Digunakan di Liga 1

By Alif Mardiansyah - Sabtu, 17 Februari 2024 | 16:15 WIB
Suasana wasit sedang memantau uji coba VAR (Video Assistant Referee) di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru) meninjau persiapan VAR (Video Assistant Referee) yang rencananya bakal digunakan pada Liga 1 2023/2024 nanti.

Peninjauan PSSI serta PT LIB mengenai persiapan VAR untuk Liga 1 2023/2024 dilakukan di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024) siang.

PSSI diwakili oleh Ratu Tisha selaku Wakil Ketua Umum, sedangkan PT LIB dihadiri Ferry Paulus (Direktur Utama) dan Asep Saputra (Direktur Operasional PT LIB.

Asep menjelaskan PSSI serta PT LIB memantau untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa perjalanan VAR untuk diterapkan di Liga Indonesia mulai semakin dekat.

Seperti diketahui, VAR rencannya akan digunakan pada Liga 1 2023 saat memasuki babak Championship Series.

Jelang digunakan untuk Liga 1 2023 pada fase Championship Series, VAR sedang digodok persiapannya oleh PSSI selaku federasi dan PT LIB sebagai operator kompetisi.

Salah satu persiapannya yakni memberikan pelatihan kepada wasit-wasit lokal yang akan bertugas di Liga 1 2023 nanti dengan penggunaan VAR.

Baca Juga: Suwon FC Gelar Seleksi Pemain Indonesia, Bisa Berpeluang Bermain di Korea Selatan

"Jadi teman-teman (masyarakat) yang selama ini masih menerka-reka, ada nggak sih latihannya? Kayak gimana sih modelnya? Nah ini sebetulnya (ingin membuktikan)," kata Asep Saputra kepada awak media termasuk BolaSport.com, Sabtu (17/2/2024).

"Kami ingin memberikan laporan atas apa yang sudah kami jalankan sejak bulan Juni tahun lalu (2023) sampai di bulan Februari tahun ini (2024). Bahwa kita terus berjalan. Tapi kita terus berjalan. Teman-teman juga melihat dari sisi equipment juga sudah ada. Jadi bukan kaleng-kaleng, bukan sesuatu yang dalam karung gitu."