Kejuaraan Beregu Asia 2024 - Bawa India Cetak Sejarah, Bocah Ajaib Ranking 472 Dunia Senang Rengkuh Pencapaian Besar di Usia 17 Tahun

By Delia Mustikasari - Senin, 19 Februari 2024 | 11:00 WIB
Tunggal putri India berusia 17 tahun, Anmol Kharb sukses menjadi penentu kemenangan tim putri India atas Thailand pada final Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Setia City Convention Centre, Shah Alam, Malaysia, Minggu (18/2/2024). (BADMINTON ASIA)

BOLASPORT.COM - Sejarah dibuat oleh tim putri India pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 karena meraih gelar perdana mereka setelah menang 3-2 atas Thailand pada partai final, Minggu (18/2/2024).

Peraih medali Olimpiade dua kali, Pusarla Venkata Sindhu memainkan peran penting dalam kemenangan negaranya di Setia City Convention Centre Shah Alam, Malaysia.

Namun, Anmol Kharb yang berusia 17 tahun mengumumkan kedatangannya di panggung besar hanya dalam kompetisi internasional keduanya.

Dengan skor 2-2 setelah masing-masing tim memenangkan pertandingan tunggal dan ganda, harapan India bertumpu pada bahu remaja tersebut  dan ia berhasil melakukannya pada pertandingan penentuan.

Kharb tampil dengan mengatakan bahwa tidak ada tekanan saat ia berusaha mencapai posisi yang lebih tinggi. 

Tunggal putri peringkat ke-472 dunia itu mendominasi pertandingan melawan peringkat ke-45, Pornpicha Choeikeewong.

Kharb menang 21-14, 21-9 untuk memicu perayaan dari rekan satu timnya.

"Saya sangat senang kami mengantongi medali emas karena ini pertama kalinya India meraih emas pada Kejuaraan Beregu Asia," kata Kharb dilansir The Straits Times.

"Ini adalah hal yang besar karena sejarah telah ditulis di sini setelah kemenangan pada semifinal."

"India menjadi heboh karena mengalahkan tim kuat seperti Jepang dan China adalah hal yang besar karena kami tidak berharap mendapat emas. Hari ini akan ada perayaan penuh di India," ujar pemain berambut pendek itu.