Alasan Kuat Fabio Quartararo Sabar Bareng Yamaha, Semua karena Sosok Eks Insinyur Ducati Ini

By Nestri Y - Kamis, 29 Februari 2024 | 17:45 WIB
Direktur Teknis Monster Energy Yamaha, Massimo Bartolini (tengah) bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins. (GIGI SOLDANO/YAMAHA MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Keyakinan Fabio Quartararo untuk tetap bersabar bersama Monster Energy Yamaha di tengah periode terpuruk tidak lepas karena kehadiran sosok eks insinyur Ducati, Massimo Bartolini.

Yamaha makin lama makin ambyar di MotoGP sejak dua tahun terakhir.

Musim MotoGP 2023 lalu mungkin jadi musim terburuk pabrikan Iwata dalam 20 tahun terakhir setelah gagal merengkuh satu pun gelar juara di berbagai seri yang bergulir dari awal sampai akhir musim.

Jangankan untuk bersaing dalam perebutan gelar juara dunia, untuk menembus 10 besar atau bahkan 5 besar setiap balapan saja, kini Yamaha terlihat kesulitan.

Hasil-hasil terbaik sebagian besar disumbang oleh Fabio Quartararo.

Namun performa Juara Dunia 2021 itu dengan M1 yang masih memiliki kekurangan di sana-sini tetap belum bisa diandalkan. Sanga jauh untuk menyaingi Ducati sebagai raja di grid MotoGP sekarang ini.

Mengingat kontrak Quartararo yang akan habis pada akhir musim 2024, banyak teka-teki muncul tentang ke mana kah El Diablo akan melanjutkan kariernnya.

Mungkinkah bertahan di pabrikan berlogo garpu tala atau pindah ke kompetitor?

Baca Juga: Jelang MotoGP 2024, Franco Morbidelli Belum Bisa Janji Tampil di Qatar

Banyak yang ragu Quartararo mau bertahan di Yamaha jika tim itu tak segera mampu memberikan motor yang bisa mendekati level Ducati dan tim-tim lainnya.