Jelang Liga Champions, Carlo Ancelotti Terancam Masuk Penjara 4 Tahun

By Ade Jayadireja - Rabu, 6 Maret 2024 | 19:43 WIB
Carlo Ancelotti (kanan) mencatat rekor kekalahan terbesar bagi dirinya sendiri dan Real Madrid saat dilibas Manchester City di semifinal Liga Champions (17/5/2023). (OLI SCARFF/AFP)

BOLASPORT.COM - Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, menghadapi tuntutan hukum menjelang duel kontra Leipzig pada ajang Liga Champions 2023-2024.

Real Madrid dijadwalkan menjamu Leipzig di Estadio Santiago Bernabeu dalam leg kedua babak 16 besar, Rabu (6/3/2024) atau Kamis dini hari WIB.

Tim tuan rumah punya kans besar untuk lolos menuju perempat final berkat unggul agregat 1-0.

Menyambut laga penting, pikiran Carlo Ancelotti dibuat terbelah oleh urusan di luar lapangan.

Dia dihadapkan dengan ancaman kurungan penjara.

Beberapa jam sebelum pertandingan, Kejaksaan Madrid mengumumkan tuntutan empat tahun dan sembilan bulan penjara bagi Ancelotti atas tuduhan penggelapan pajak pada 2014 dan 2015.

Nominal yang diduga digelapkan Ancelotti dalam dua tahun tersebut adalah 386.361 euro atau Rp 6,6 miliar dan 675.718 (Rp 11,5 miliar).

Saat itu Ancelotti melaporkan pendapatannya sebagai pelatih Real Madrid, namun tidak berasal dari hak citra dan sumber lain seperti real estate.

“Meskipun dia menegaskan statusnya sebagai penduduk di Spanyol untuk keperluan perpajakan dan menyatakan bahwa domisilinya di Madrid, dia hanya mencatat dalam pengembalian pajaknya imbalan kerja pribadi yang diterima dari Real Madrid,” bunyi pernyataan Kejaksaan Madrid.

"Dengan cara ini, dia mensimulasikan pengalihan hak citranya kepada entitas yang tidak memiliki aktivitas nyata yang berdomisili di luar Spanyol, sehingga mengejar ketidakjelasan di hadapan Departemen Keuangan Spanyol," tambah pernyataan mereka.