Pembangunan Paralympic Training Center di Karanganyar Diresmikan Presiden Jokowi

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 9 Maret 2024 | 15:20 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Paralympic Training Center Indonesia di Delingan, Karanganyar, Jawa Tengah, 8 Maret 2024. (NPC INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Sebuah langkah maju dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam memajukan olah raga disabilitas nasional.

Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking untuk pembangunan Paralympic Training Center Indonesia di Kelurahan Delingan, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut ada Menpora Dito Ariotedjo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, serta sejumlah pejabat pemerintahan lain.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan gagasan ini sebenarnya sudah lama untuk membangun sebuah training center bagi atlet-atlet paralimpiade.

"Bapak Senny Marbun sudah sampaikan ke saya beberapa kali, tapi bisa kita eksekusi pada tahun ini dan insyaallah akan selesai tahun ini," kata Presiden Jokowi.

Paralympic Training Center ini didirikan di atas lahan seluas delapan hektar dan akan dibangun dengan anggaran sebesar Rp 409 miliar.

Pusat pelatihan untuk atlet-atlet paralimpiade ini akan terdiri dari gedung olah raga, asrama atlet, dan lapangan serta lintasan atletik.

"Di kompleks itu akan ada GOR yang dilengkapi kolam renang utama, kolam recovery, venue boccia, menembak, tenis meja, bulu tangkis, dan ruang multifungsi," ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Menpora akan Tinjau NPC Indonesia Sikapi Dugaan Pemotongan Bonus Asian Para Games

"Kemudian asrama dan apartemen yang terdiri dari dua tower 5 lantai dengan 188 kamar."