All England Open 2024 - Gara-gara Fajar/Rian, Ganda Putra No.1 Malaysia Sakit Hati Lagi Penantian Gelar 17 Tahun Berlanjut

By Delia Mustikasari - Senin, 18 Maret 2024 | 08:49 WIB
Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada final All England Open 2024 menghadapi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Minggu (17/3/2024). (JUSTIN TALLIS/AFP)

BOLASPORT.COM - Kekecewaan kembali menimpa pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada final All England.

Chia/Soh tidak mampu mempertahankan performanya dan kalah 16-21, 16-21 dari wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam perebutan gelar All England Open 2024 di Utilita Arena Birmingham, Minggu (18/3/2024).

Ganda putra peringkat ke-5 dunia itu mengawali pertandingan dengan buruk dan kesulitan beradaptasi, sementara Fajar/Rian tampil bersemangat sejak awal.

Ganda putra nomor satu Malaysia itu memang memberikan perlawanan yang lebih baik pada gim kedua. Namun, tidak cukup menghentikan semangat Fajar/Rian.

Bagi Chia/Soh, ini menjadi posisi runner-up kedua mereka pada turnamen All England.

Pada final All England pertama, mereka dikalahkan duo Indonesia lainnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tepatnya pada partai puncak All England Open 2019.

Hasil laga ini merupakan kekalahan keempat mereka dalam delapan pertemuan melawan Fajar/Rian.

Hal tersebut membuat penantian panjang Malaysia untuk meraih gelar ganda putra pada turnamen bulu tangkis tertua dunia itu terus berlanjut.

Ganda putra Malaysia terakhir kali meraih gelar juara All England, 17 tahun lalu melalui Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Saat itu, Rexy Mainaky menjadi pelatih Koo/Tan.