MotoGP Portugal 2024 - Fabio Quartararo Sering Menang di Portimao tapi Yamaha Siap Kalah Sebelum Bertanding

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 20 Maret 2024 | 20:57 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo pada tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail, Qatar, Senin, 19 Februari 2024 (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Kesuksesan Fabio Quartararo di MotoGP Portugal 2024 tampaknya belum bisa terulang lagi akhir pekan ini setelah nada pesimistis-realistis dari Monster Energy Yamaha.

Sejarah sebenarnya mendukung Fabio Quartararo untuk bisa bersaing pada seri balap kedua MotoGP Portugal pada 22-24 Maret 2024 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Fabio Quartararo menjadi pembalap yang paling sering menang di Portimao bersama Francesco Bagnaia dengan catatan dua kemenangan.

Quartararo memenangi GP Portugal pada 2021 dan 2022 yang dihelat di lintasan berkarakter rollercoaster ini.

Kemenangan terakhir El Diablo bahkan diraih dengan cara mendominasi hingga unggul sejauh 5 detik lebih dari sang runner-up.

Sayangnya, dua tahun terakhir tidak mudah bagi Juara Dunia MotoGP 2021 seiring menurunnya performa Yamaha YZR-M1.

Musim ini Yamaha belum menemukan performa terbaik dari iterasi baru motor M1 yang ditenagai dengan mesin yang turut dikembangkan eks insinyur Ferrari, Luca Marmorini.

Quartararo mengeluhkan kecepatan satu lap yang menyulitkannya untuk mendapat posisi terbaik dalam babak kualifikasi selain kelemahan lain dengan grip.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal 2024 - Potensi Sebenarnya Marc Marquez Bisa Terwujud di Portimao

Pada seri pembuka pun Quartararo harus memulai lomba dari posisi ke-16.