Pengamat Sepak Bola Asia: Timnas Indonesia Punya Skuad Bagus, Berpotensi Juara Piala AFF Tahun Ini

By Metta Rahma Melati - Jumat, 29 Maret 2024 | 19:15 WIB
Pemain timnas Indonesia, Jay Idzes, merayakan gol ke gawang Vietnam pada duel Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Hanoi (26/3/2024). (AFP)

BOLASPORT.COM - Pengamat sepak bola Asia, Ryan Walters menilai timnas Indonesia memiliki peluang untuk menjadi juara Piala AFF tahun ini.

Ryan Walters adalah pendiri dari K-League United yang merupakan penyedia resmi konten K-League (Liga Korea Selatan).

Ia buka suara soal pemecatan Philippe Troussier setelah Vietnam kalah 0-3 dari timnas Indonesia pada pertandingan keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024.

Ryan Walters mengatakan pemecetan Philippe Troussier lebih dari adil.

Selain itu ia menilai timnas Indonesia memiliki peluang untuk pencapai prestasi terbaik di Asia Tenggara yakni Piala AFF 2024.

"Gaya bermain dan sistem taktis yang coba dibangun oleh Troussier untuk Vietnam tidak sesuai dengan para pemain di tim," kata Ryan Walters dilansir BolaSport.com dari VnExpress.

Baca Juga: Tersisa 4 Slot, Erick Thohir: Timnas U-23 Indonesia Masih Punya Peluang Lolos Olimpiade Paris 2024

"Hasil tim ini juga menunjukkan hal itu.

"Indonesia punya skuad yang bagus dan berpeluang menjadi juara Piala AFF tahun ini, namun mereka tidak terlalu kuat hingga bisa memenangai dua pertandingan berturut-turut seperti itu," ujarnya.

Sementara itu, Ryan Walters menilai selain pelatih harus bertanggung jawab, pemain Vietnam juga harus merefleksi diri.