Lee Zii Jia Diragukan Perkuat Malaysia pada Thomas Cup 2024

By Delia Mustikasari - Selasa, 2 April 2024 | 13:15 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, pada semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2024, 17 Februari 2024. (MOHD RASFAN/AFP)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra, Lee Zii Jia, mungkin melewatkan akan melewatkan Thomas Cup 2024 pada 27 April-5 Mei di Chengdu, China.

Penyebabnya, tunggal putra 26 tahu itu tengah fokus pada persiapannya menghadapi Olimpiade Paris 2024 pada Juli mendatang.

Direktur kepelatihan nasional Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Rexy Mainaky sebelumnya mengadakan pertemuan dengan pelatih Lee, Wong Tat Meng dan saudara perempuan serta manajer Lee Zii Yii di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara Selasa (2/4/2024).

Dalam pertemuan tersebut diketahui bahwa pemain independen tersebut belum mengambil keputusan untuk bertanding pada kejuaraan beregu.

"Untuk saat ini Zii Jia belum memastikan apakah dia akan bermain di Piala Thomas atau tidak," kata Rexy dilansir dari The Star.

"Olimpiade sudah cukup dekat dan dia memiliki banyak turnamen yang akan dia ikuti. Dia dan timnya mengkhawatirkan beban kerjanya. Tentu saja, Piala Thomas penting bagi Zii Jia, tetapi Olimpiade juga merupakan event besar."

"Belum ada yang final dan kami sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk mengatur pertandingannya pada kejuaraan beregu jika dia memutuskan untuk bertanding," ucap Rexy.

Jika Lee memutuskan untuk absen dalam Thomas Cup 2024, itu akan menjadi pukulan besar bagi Malaysia.

Pebulu tangkis tunggal lainnya yang dapat dipilih dalam tim adalah peringkat ke-18 dunia Ng Tze Yong, peringkat 37 dunia Leong Jun Hao, serta pemain muda Justin Hoh dan Eogene Ewe.

Rexy Mainaky saat ini sedang menyusun kekuatan untuk Thomas Cup 2024.