Ricky Soebagdja Sebut Misi Berat Fikri/Bagas pada Kejuaraan Asia 2024 

By Delia Mustikasari - Rabu, 3 April 2024 | 07:20 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, pada babak pertama French Open 2024 di Adidas Arena, Rabu (6/3/2024). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, menghadapi misi berat pada Kejuaraan Asia 2024, 9-14 April di Ningbo, China.

Fikri/Bagas saat ini menduduki peringkat ke-9 dalam race to Paris bersaing dengan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) yang berada satu tingkat di atasnya.

Indonesia saat ini baru memastikan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang lolos Olimpiade Paris 2024 setelah menjuarai All England Open 2024.

Fajar/Rian menempati peringkat ketujuh. Di antara FajRi dan BaKri ada wakil China yaitu Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, yang juga menginginkan posisi delapan besar.

Seperti Fikri/Bagas, juara Indonesia Open satu kali itu tertinggal dari rekan kompatriot yaitu Liang Wei Keng/Wang Chang (peringkat ke-3).

Persaingan Fikri/Bagas dan Liu/Ou untuk tiket kedua bagi negara masing-masing akan ditentukan di Kejuaraan Asia 2024, event besar terakhir dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Syarat Fikri/Bagas untuk merangsek ke peringkat delapan besar adalah minimal mencapai babak semifinal dan dua langkah di depan Liu/Ou.

Sebagai contoh, jika Fikri/Bagas sampai ke semifinal, mereka hanya akan menggeser peringkat Liu/Ou jika rival mereka itu kalah dini sebelum perempat final.

Adapun jika Liu/Ou mencapai perempat final, syarat Fikri/Bagas jauh lebih berat karena mereka harus mencapai babak final.

Jika Liu/Ou mampu tampil hingga final, ganda putra Indonesia hanya diwakili Fajar/Rian di Paris 2024.