Fikri/Bagas Harus Tembus Semifinal Kejuaraan Asia 2024 untuk Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

By Delia Mustikasari - Kamis, 4 April 2024 | 13:15 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, pada babak pertama All England Open 2024 di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Selasa (12/3/2024). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Sektor ganda putra Indonesia baru meloloskan satu wakil ke Olimpiade Paris 2024 melalui pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Satu wakil yang tengah mengejar poin untuk lolos Olimpiade Paris 2024 adalah Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Laju Fikri/Bagas sebenarnya lebih mudah jika menjuarai Swiss Open 2024. Namun, mereka harus puas menjadi runner-up sehingga perburuan gelar poin akan ditentukan pada Kejuaraan Asia 2024, 9-14 April di Ningbo, China.

"Dari performa, seperti kita ketahui di Paris (French Open) pencapaian terbaik ganda putra terbaik adalah 8 besar. Untuk All England Puji Tuhan, Fajar/Rian bisa juara, Bagas/Fikri juga bisa menunjukkan penampilan terbaik. berarti ada peningkatan dari segi performa," kata pelatih kepala ganda putra Indonesia, Aryono Miranat, ditemui di pelatnas Cipayung, Jakarta.

"Kalau dari segi poin Olimpiade, Fajar/Rian sudah qualified masuk. Fikri/Bagas ini nanti pada Kejuaraan Asia penentuan dari Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)."

Gelar All England Open 2024 menjadi pencapaian pertama Aryono sebagai pelatih kepala.

"Puji Tuhan bisa juara. Sebelumnya, kami ada pressure juga sebagai pelatih apalagi pada babak pertama dan bisa jadi juara All England itu rasanya senang, rasa plongnya ada," ucap Aryono.

"Tetapi, tidak bisa berhenti disini saja karena target ke depan masih lebih banyak. Jadi, tidak boleh lengah dan cepat puas."

Kemenangan All England juga dipersembahkan Fajar setelah Aryono resmi menjadi pelatih kepala sejak Agustus 2023.

"Mungkin kita sama-sama tahu, kami sudah berjuang lama sejak saya masih asisten dan menjadi kepala, kami berjuang bersama. Setelah saya jadi pelatih utama, kami berhasil mungkin mengungkapkan rasa senangnya dengan Fajar menjadi juara," tutur Aryono.