Saran Lengkap Pelatih Inggris buat Vietnam untuk Bisa Kembali Saingi Timnas Indonesia

By Ragil Darmawan - Kamis, 4 April 2024 | 15:37 WIB
Jay Idzes (kanan) dan Ivar Jenner (kiri) saat bertanding dalam laga grup F babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara timnas Indonesia versus timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

SUPERBALL.ID - Pelatih asal Inggris, Steve Darby, memberikan saran penting kepada Vietnam untuk bisa kembali bersaing dengan Timnas Indonesia.

Semenjak kepergian pelatih legendaris Park Hang-seo, penampilan Timnas Vietnam tampak kurang meyakinkan di tangan Philippe Troussier.

Hal itu terlihat jelas dalam posisi Vietnam di ranking FIFA terbaru.

Vietnam yang tadinya berstatus sebagai raja ASEAN, kini harus digantikan oleh Thailand karena posisi mereka terlempar dari 100 besar dunia (ranking 115).

Tak hanya turun di ranking FIFA, Vietnam juga harus menelan tiga kekalahan beruntun menghadapi Timnas Indonesia.

Satu kekalahan terjadi di ajang Piala Asia 2023, sedangkan dua lainnya saat melakoni laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasca kekalahan dari Timnas Indonesia di laga terakhir, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) pun sepakat untuk mengakhiri kontrak Troussier lebih awal.

Baca Juga: Kabar Philippe Troussier Usai Didepak dari Posisi Pelatih Vietnam Gara-gara Timnas Indonesia

Akibat menelan dua kekalahan dari Timnas Indonesia, Vietnam terancam gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Melihat keterpurukan yang dialami Vietnam saat ini, Steve Darby melihat sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan oleh Golden Star Warriors.