PV Sindhu Mundur dari Uber Cup 2024 Bocah Ajaib Ranking 333 Dunia Jadi Tumpuan

By Delia Mustikasari - Jumat, 5 April 2024 | 15:12 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri India, Pusarla Venkata Sindhu, pada final Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Shah Alam, Malaysia, 18 Februari 2024. (MOHD RASFAN/AFP)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putri, Pusarla Venkata Sindhu tidak akan memperkuat India pada Uber Cup 2024.

Selain Sindhu, dua pasang ganda putri teratas juga absen. Padahal, Sindhu berhasil membawa India menjadi juara pada Kejuaraan Beregu Asia 2024, Februari kemarin di Malaysia.

Kondisi ini membuat India akan mengandalkan tim putra yang merupakan juara Thomas Cup 2022 pada Thomas Cup 2024 yang dijadwalkan pada 27 April-5 Mei di Chengdu, China.

Sindhu yang telah mengikuti enam turnamen sejak dirinya kembali beraksi pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 membuat keputusan mundur dari Uber Cup 2024 untuk memprioritaskan kesembuhannya dan kesiapan Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Pasangan ganda putri teratas, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand dan Ashwini Ponnappa/Tanisha Crasto, juga memilih mundur dari Uber Cup karena keinginan untuk fokus pada turnamen lain yang bertujuan untuk mengamankan kualifikasi Olimpiade.

Sehubungan dengan penarikan ini, Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) telah memutuskan untuk memberi kesempatan pada pemain lain untuk memperkuat India pada Uber Cup 2024.

"Sindhu memilih mundur karena dia baru saja kembali dari cedera dan dia ingin memberikan dirinya cukup waktu bersiap menghadapi Olimpiade Paris di mana dia berharap meraih medali lagi untuk negara,” kata Sekretaris BAI Sanjay Mishra dilansir dari Times of India.

"Pemain ganda juga memutuskan untuk melewatkan event tersebut karena mereka juga telah memainkan banyak turnamen dan ingin fokus pada pertandingan kualifikasi Olimpiade."

"Jadi, kami telah memberi kesempatan kepada semifinalis kejuaraan nasional dengan memasukkan mereka di tim."

Sementara itu, tim Thomas Cup India memasuki Thomas Cup mendatang dengan gelar
juara bertahan, setelah meraih kemenangan bersejarah pada 2022.