Imbas Pasca-operasi Kanker, Musuh Alot Jonatan Christie Akui Sering Tiba-tiba Hilang Fokus di Tengah Laga

By Nestri Y - Jumat, 5 April 2024 | 20:15 WIB
Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen mengalami pendarahan pada lututnya saat bertanding melawan Kidambi Srikanth (India) pada babak 32 besar French Open 2024 di Adidas Arena, Paris, Prancis, Rabu (6/3/2024). (BWF TV)

BOLASPORT.COM - Jalan terjal masih terkadang dilalui Chou Tien Chen setelah lepas dari kanker usus yang sempat dideritanya tahun lalu hingga berimbas pada performa di lapangan.

Seperti diketahui, Chou Tien Chen telah naik meja operasi untuk menjalani operasi kanker kolorektal atau kanker usus stadium awal pada tahun lalu.

Sebab itu, sepanjang penampilan dia pada tahun lalu, banyak hasil-hasil turnamen yang terlihat kurang maksimal. Dia sering mengalam early exit.

Semua itu bukan semata karena pertamabahan usia atau demotivasi, melainkan karena imbas dari proses pemulihan pasca-operasi kanker yang dijalani Chou.

Tunggal putra nomor satu Taiwan yang sering jadi musuh alot Jonatan Christie dengan 15 kali pertemuan ini, harus rela kehilangan beberapa centimeter ususnya demi menyelamatkan nyawanya.

Imbas dari operasi tersebut, asupan makanan Chou juga terpengaruhi.

Pemain 29 tahun itu diimbau oleh sang dokter untuk makan makanan yang tidak berat-berat dan dalam porsi yang sedikit-sedikit.

Disadari atau tidak, karena asupan makanan yang mulai berubah untuk tubuh seorang atlet, hal ini juga mempengaruhi konsentrasi Chou di lapangan.

Chou sering kali bisa kehilangan berapa poin beruntun saat sedang unggul sangat jauh.

Hal ini pun diakui sendiri olehnya.