Thomas Cup 2024 - Lee Zii Jia dan Titisan Lee Chong Wei Diragukan Tampil, Pintu Terbuka bagi Tunggal Putra Independen

By Delia Mustikasari - Sabtu, 6 April 2024 | 13:15 WIB
Tunggal putra Malaysia Cheam June Wei, selangkah lagi lolos ke babak utama Hong Kong Open 2023 (RICHARD A. BROOKS/AFP)

BOLASPORT.COM - Ketidakpastian tim tunggal putra yang akan memperkuat Malaysia pada Thomas Cup 2024 membuka pintu bagi pemain independen, Cheam June Wei untuk dipanggil ke dalam skuad yang akan tampil pada 27 April-5 Mei di Chengdu, China.

Dengan partisipasi pemain nomor satu Malaysia, Lee Zii Jia, dan titisan Lee Chong Wei, Ng Tze Yong yang masih menjadi tanda tanya, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) dapat meminta Cheam June Wei untuk mengisi salah satu tempat di nomor tunggal putra.

Lee sedang memikirkan untuk memprioritaskan persiapannya untuk Olimpiade Paris 2024 pada Juli daripada berkompetisi di turnamen beregu.

Sementara itu, Ng tengag berjuang untuk mendapatkan kembali kebugaran penuh setelah menjalani operasi punggung pada akhir Februari.

Pelatih tunggal putra nasional Malaysia, Tey Seu Bock, mengatakan bahwa dia sedang mempertimbangkan semua opsi yang tersedia untuk turnamen tersebut sambil menunggu untuk melihat apakah Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong akan tersedia untuk seleksi.

"Kami sedang mempertimbangkan untuk memilih June Wei untuk Piala Thomas," kata Tan usai mengawasi sesi latihan di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) dilansir dari The Star.

"Kami sudah mengundangnya ke sini dan dia sudah mulai berlatih bersama kami hari ini (kemarin). Kami ingin melihat kondisi fisiknya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan."

Pemain peringkat ke-61 dunia, Chem menjadi bagian tim pada Thomas Cup edisi 2020 di Aarhus, Denmark, tetapi tidak dipanggil pada 2022 saat Thomas Cup digelar di Bangkok.

Menurut Tan, situasinya belum ideal bagi Malaysia karena hanya tersisa seminggu sebelum batas waktu penetapan tim pada 13 April.

Tim juga mengalami kondisi serupa selama Kejuaraan Beregu Asia pada Februari di mana Lee dan Ng tidak bisa bermain untuk beberapa pertandingan termasuk pada partai final.