Enggak Mustahil, Begini Cara Menjadi Pemain E-Sports Profesional dan Tergabung dalam Tim

By Yussy Maulia - Sabtu, 6 April 2024 | 17:12 WIB
Ilustrasi tim e-sports. (Shutterstock)

BolaSport.com – Saat ini, bermain game online tidak bisa dianggap sekadar kegiatan hiburan saja. Pasalnya, ada banyak karier yang lahir dari hobi bermain game, salah satunya atlet e-sports profesional.

Sama dengan atlet di cabang olahraga yang sudah lebih dulu ada, para atlet e-sports dapat tergabung dalam tim e-sports, contohnya adalah Ro8 melalui tim Ro8 E-Sport. Dengan bergabung dalam tim e-sports, para atlet tersebut punya kesempatan lebih besar untuk bertanding di tingkat nasional, regional, bahkan internasional.

Lalu, bagaimana caranya untuk menjadi atlet e-sports profesional dan tergabung dalam tim? Bagi kamu yang gamer pemula, berikut cara yang bisa dilakukan.

  1. Asah skill bermain

Langkah pertama dan yang paling penting adalah mengasah kemampuan bermain. Sebaiknya, pilih game yang paling disukai agar kamu lebih mudah dalam menguasai cara bermainnya.

Baca Juga: Hadir Pertama Kali, Generasi TOP Series Dorong Bakat Muda Esports

Selain itu, kamu juga dapat belajar dari pemain profesional dengan menonton video tutorial atau lewat platform streaming mereka. Pelajari teknik dan strategi gaming yang mereka gunakan, lalu coba terapkan pada saat kamu bermain.

  1. Ikut komunitas game

Bergabung dalam komunitas game dapat menjadi langkah awal yang baik untuk membangun reputasi. Pastikan kamu berpartisipasi aktif dalam komunitas tersebut, misalnya dalam diskusi, turnamen internal, dan acara komunitas lainnya.

Kamu pun bisa mencari komunitas online lewat media sosial, seperti YouTube dan Twitch.

  1. Partisipasi dalam turnamen

Jika sudah percaya diri dengan kemampuan bermain game, kamu dapat mulai mengikuti turnamen. Tak harus yang berskala besar, kamu bisa mengikuti turnamen lokal atau online terlebih dahulu sebagai batu loncatan.

Baca Juga: Sejarah Esport Free Fire yang Mengukir Legenda dalam Kompetisi Gaming