MotoGP Americas 2024 - Masalah Getaran Jadi Penyebab Hancurnya Performa Francesco Bagnaia di Atas Motor 2024

By Delia Mustikasari - Senin, 15 April 2024 | 09:47 WIB
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, jelang sprint race MotoGP Americas 2024 di Circuit of The Americas, Sabtu (13/4/2024). (MIRCO LAZZARI GP)

BOLASPORT.COM - Juara bertahan dua kali MotoGP, Francesco Bagnaia memasuki akhir pekan di Circuit of The Americas (COTA) untuk mencari penebusan setelah kesalahan tahun lalu saat memimpin dan nol poin pada MotoGP Portugal 2024.

Namun dia meninggalkan balapan MotoGP Americas 2024 di Texas dengan hanya menempati posisi kedelapan pada sprint race dan kelima pada balapan utama untuk menunjukkan usahanya setelah masalah grip belakang  pada sprint race.

Hal ini diikuti oleh masalah Chattering  (getaran) pada balapan utama.

Chattering adalah peristiwa di mana pressure relief valve membuka dan menutup dengan sangat cepat.

Getaran yg dihasilkannya bisa mengakibatkan misalignment, kerusakan pada valve seat.

Jika berkelanjutan, dapat menyebabkan kegagalan mekanikal pada internal valve dan sistem perpipaan di sekitarnya.

Bintang pabrikan Ducati itu terjepit di antara pemimpin gelar Jorge Martin (Prima Pramac) dan akhirnya pemenang balapan MotoGP Americas 2-24, Maverick Vinales  (Aprilia) di tikungan pertama.

Bagnaia sekali lagi menggunakan ban belakang lunak meskipun mengalami masalah pada hari Sabtu setelah mencobanya kembali dengan sukses saat pemanasan.

Pembalap 27 tahun ituawalnya melihat kembali ke performa terbaiknya saat ia memainkan peran kunci dalam pertarungan awal di depan.

Baca Juga: MotoGP Americas 2024 - Gelar Raja COTA Kembali Direnggut, Marc Marquez Ungkap Penyebab Terjatuh Saat Pimpin Balapan